2013-02-26

TAJ MAHAL

Taj Mahal dianggap sebagai salah satu dari delapan keajaiban dunia, dan beberapa sejarawan Barat telah mencatat bahwa keindahan arsitektur yang belum pernah melampaui. The Taj adalah monumen yang paling indah yang dibangun oleh Mughal, penguasa Muslim India. Taj Mahal dibangun seluruhnya dari marmer putih. Keindahan yang menakjubkan arsitektur adalah di luar deskripsi yang memadai, terutama saat fajar dan matahari terbenam. The Taj tampak bersinar dalam terang dari bulan purnama. Pada suatu pagi berkabut, para pengunjung pengalaman Taj seolah terhenti bila dilihat dari seberang sungai Jamuna.
Taj Mahal dibangun oleh, Shah Jahan Muslim Kaisar (meninggal 1666 CE) dalam memori istri tercinta dan ratu Mumtaz Mahal di Agra, India. Ini adalah "elegi di marmer" atau mengatakan sebuah ekspresi dari sebuah "mimpi." Taj Mahal (artinya Crown Palace) adalah sebuah Mausoleum yang rumah makam ratu Mumtaz Mahal di majelis rendah. Makam Shah Jahan telah ditambahkan ke nanti. Nama asli sang ratu adalah Arjumand Banu. Dalam tradisi Dinasti Mogul, wanita penting dari keluarga kerajaan diberi nama lain di pernikahan mereka atau pada beberapa peristiwa penting lain dalam hidup mereka, dan bahwa nama baru itu umumnya digunakan oleh masyarakat. Nama asli Shah Jahan adalah Shahab-ud-din, dan ia dikenal sebagai Pangeran Khurram sebelum naik ke tahta pada tahun 1628.
Taj Mahal dibangun selama dua puluh dua tahun, mempekerjakan dua puluh ribu pekerja. Itu selesai pada 1648 M dengan biaya 32 Juta Rupiah. Dokumen konstruksi menunjukkan bahwa arsitek tuannya adalah Ustad 'Isa, arsitek Islam terkenal di zamannya. Dokumen berisi nama dari mereka yang bekerja dan persediaan bahan bangunan dan asal mereka. Ahli pengrajin dari Delhi, Qannauj, Lahore, Multan dan dipekerjakan. Selain itu, banyak pengrajin Muslim terkenal dari Baghdad, Shiraz dan Bukhara bekerja pada tugas-tugas khusus banyak.
The Taj berdiri pada platform, mengangkat persegi (186 x 186 kaki) dengan empat sudutnya dipotong, membentuk oktagon yang tidak sama. Desain arsitektur menggunakan konsep arabesque interlocking, di mana setiap elemen berdiri sendiri dan sangat terintegrasi dengan struktur utama. Ia menggunakan prinsip-prinsip self-replikasi geometri dan simetri elemen arsitektur.
Kubah utamanya adalah lima puluh delapan meter dengan diameter dan naik ke ketinggian 213 kaki. Hal ini diapit oleh empat anak perusahaan ruang berkubah. Keempat anggun, ramping menara adalah 162,5 kaki masing-masing. Seluruh makam (di dalam maupun di luar) yang dihiasi dengan desain hias bunga dan kaligrafi menggunakan permata mulia seperti batu akik dan jasper. Para archways utama, dipahat dengan ayat-ayat dari Al Qur'an dan pekerjaan gulir berani pola bunga, memberikan pesona menawan dengan keindahannya. Ruang kubah pusat dan empat ruang sebelah meliputi banyak dinding dan panel dekorasi Islam.
Makam adalah bagian dari sebuah kompleks luas yang terdiri dari gerbang utama, taman yang rumit, sebuah masjid (ke kiri), rumah tamu (ke kanan), dan beberapa bangunan megah lainnya. The Taj berada di ujung terjauh kompleks ini, dengan Jamuna sungai di balik itu. Taman besar berisi empat kolam mencerminkan membaginya di pusat. Masing-masing empat bagian dibagi lagi menjadi empat bagian dan kemudian masing-masing menjadi empat bagian lagi. Seperti Taj, elemen taman melayani seperti Arabesque, berdiri sendiri dan juga merupakan keseluruhan.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق